Copyright 2020 - Teknik Elektro Universitas Muhammadiyah Purwokerto

ROSITA, Robot Asisten Perawat untuk penanganan pasien Covid-19

 ROSITA

Robot ini dibuat untuk membantu para tenaga medis atau perawat dalam menangani pasien khususnya dalam menangani kasus covid-19 di rumah sakit. Dengan digunakannya ROSITA diharapkan akan mengurangi kontak langsung antara perawat dan pasien sehingga dapat mencegah proses penularan covid-19.


     

 

Teknik Elektro sendiri berperan aktif dalam proses pembuatan ROSITA secara keseluruhan. Penggerak utama ROSITA adalah motor brushless yang dapat menahan beban hingga 100 Kg dengan kapasitas baterai 36VDC 4400mah dengan Wemos Pro dan juga Arduino sebagai mikrokontroler nya. ROSITA memiliki fitur antara lain seperti sensor suhu infrared Adafruit Melexis 90614 yang bekerja dengan cara mendekatkan kening pasien ke sensor sekitar 15cm. Kemudian ROSITA juga memiliki Dry Mist yang berfungsi sebagai desinfektan yang dapat menampung cairan desinfektan hingga 130 cc. Untuk proses komunikasi antara pasien dan perawat ROSITA menggunakan Tablet Windows yang sudah terkoneksi ke Laptop kontroler menggunakan jaringan Wi-fi. Selain itu ROSITA menggunakan 2 kamera yang digunakan untuk berinteraksi tatap muka pasien dan perawat  dan juga kamera untuk navigasi agar mempermudah untuk berjalan. Dalam proses navigasi ROSITA dilengkapi sensor Ultrasonic yang berfungsi jika jarak obyek mendekati 20 cm maka robot akan berhenti. Kemudian ROSITA juga bisa membuka pintu secara otomatis yang sudah dilengkapi motor hidrolis. Semua fitur yang dimiliki dikendalikan menggunakan gamepad atau joystick dan ditampilkan pada panel kendali pada Laptop kontroler.

   

 

Robot dibutuhkan untuk mengurangi interaksi perawat dengan pasien mengingat risiko penularan terhadap paramedis cukup tinggi. Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia (IDI) mencatat, hingga 19 April 2020, setidaknya ada 30 dokter meninggal karena Covid-19. Sementara dari kalangan perawat, Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI) mencatat ada 14 perawat meninggal akibat terinfeksi virus korona baru.

Robot ini merupakan bentuk kepedulian kami untuk memberi sumbangsih bagi penanganan pandemi covid-19. ROSITA sendiri akan dihibahkan ke RS PKU Muhammadiyah Gombong pada 24 Juni 2020.

 

 

 

f t g m

Kontak Kami

Program Studi Elektro

Fakultas Teknik dan Sains
Universitas Muhammadiyah Purwokerto
Jl. KH. Ahmad Dahlan, PO BOX 202
Purwokerto 53182
Kembaran Banyumas
Fax  : (0281) 637239

WA : 0857 2848 4785