Copyright 2020 - Teknik Elektro Universitas Muhammadiyah Purwokerto

KKL Mahasiswa Teknik Elektro 2019 Kunjungi Jawa Timur

Total 65 mahasiswa Teknik Elektro Universitas Muhammadiyah Purwokerto mengikuti kegiatan Kuliah Kerja Lapangan (KKL) di Jawa Timur yang berlangsung dari tanggal 10-13 November 2019. Dalam kegiatan kali ini mahasiswa teknik elektro berkesempatan untuk mengunjungi PJB Gresik, PT, Sinar Baja Electric dan PT. Yakult.

                           

 

Dalam kunjungannya di PJB Gresik mahasiswa memperoleh pengetahuan yang sangat mendetail dari proses pembangkitan listrik tenaga uap, serta dapat melihat langsung alat dan instrumen yang digunakan dalam proses pembangkitan listrik.

Pada kunjungan berikutnya mahasiswa menuju ke PT. Sinar Baja ELectric,  PT. Sinar Baja ELectric sendiri adalah perusahaan yang bergerak dibidang produksi alat elektronik speaker. Dalam kunjungan ini mahasiswa mengikuti tour produksi yang dipandu oleh para ahli perusahaan, tour ini meliputi proses pembuatan kerangka speaker, perakitan komponen elektronik, hingga proses pengujian kualitas produk. Hasil dari produksi PT. Sinar Baja ELectric sendiri sudah diekspor ke luar negeri dan menjadi penyuplai speaker utama  untuk brand terkenal.

Berdekatan dengan hari pahlawan 10 November, mahasiswa tak hanya berkunjung ke industri tapi rombongan mahasiwa juga sempat menyambangi Tugu Pahlawan dan Museum Sepuluh Nopember. Di museum ini terdapat  beberapa benda peninggalan pahlawan serta rekaman asli pidato Bung Tomo yang berapi-api membangkitkan gelora dan hasrat rakyat akan kemerdekaan dapat didengarkan dari sebuah radio kuno. Beberapa diorama juga menggambarkan aksi heroik arek-arek Suroboyo yang hanya menggunakan bambu runcing dan senapan rampasan mampu melawan sekutu.

 Pada akhir kegiatan mahasiswa mengunjungi PT.Yakult, sebuah produk minuman susu fermentasi yang sudah mendunia. Kesan pertama yang muncul saat datang ke tempat ini ialah lokasi yang sejuk karna terletak di kaki pegunungan dan disini juga sangat menjaga kebersihan dan kedisiplinan. Hampir sama dengan kunjungan di PT. Sinar Baja ELectric,di PT.Yakult mahasiswa mengikuti tour produksi meliputi proses pembuatan botol plastik, proses pencampuran bahan, serta proses pengemasan yang hampir semua proses dijalankan secara otomatis menggunakan mesin. 

Dengan diadakanya program KKL ini mahasiswa dpat meningkatkan pengetahuan praktis dalam disiplin ilmu yang dipelajari sehingga dapat memahami serta mengaplikasikan antara teori dan praktek serta memberikan bekal nyata kepada mahasiswa tentang lingkungan kerja yang akan dihadapi kedepannya. Selain itu kegiatan KKL dapat meningkatkan kerja sama yang baik antara pihak perguruan tinggi dan instansi yang menjadi obyek KKL

                          

 

                          

f t g m

Kontak Kami

Program Studi Elektro

Fakultas Teknik dan Sains
Universitas Muhammadiyah Purwokerto
Jl. KH. Ahmad Dahlan, PO BOX 202
Purwokerto 53182
Kembaran Banyumas
Fax  : (0281) 637239

WA : 0857 2848 4785