Copyright 2019 - Teknik Elektro Universitas Muhammadiyah Purwokerto

Elektro UMP : Gelar pelatihan SCADA agar makin unggul

     SCADA (Supervisory Control and Data Acquisition) adalah sebuah kategori software yang digunakan untuk mengontrol proses sekaligus mengumpulkan data secara real-time pada lokasi (bisa lebih dari satu) yang di-remote secara software untuk mengatur & mengelola jalannya peralatan seperti halnya Oil and Gas Refining, Transportasi, Air dan pengontrolan Limbah. Tak mau ketinggalan, dengan sigap Prodi Teknik Elektro UMP mengadakan Pelatihan atas jenis Software tersebut. Bertempat di Lab Instrumentalisasi & Kendali lt.5 Fakultas Teknik UMP, selama 2 hari yakni 18 – 19 Maret 2017 sekitar 20 mahasiswa mengikuti pelatihan ini.

 

     Pelatihan SCADA ini disampaikan oleh Muhammar Kadafi, M.T. dimana beliau memberikan gambaran umum tentang SCADA dan implementasinya seperti penggunaan sistem ini dalam telekomunikasi, kontroller arus kuat/lemah, persinyalan rel kereta api dan BAS (Building Automation System) . Dalam kesempatan ini pula beliau mengajarkan kepada mahasiswa tentang software IX Developers yang merupakan salah satu software HMIs (Human-Machine Interfaces) yang digunakan dalam sistem SCADA. Kadafi juga menjelaskan tentang bagaimana membuat BAS (Building Automation System) mulai dari Lampu, Water-pump atau pompa air, mengaktifkan televisi sampai dengan melakukan keamanan pada pagar & pintu-pintu rumah dalam diakses menggunakan sistem SCADA secara mudah dan tidak menggunakan Coding/Script yang tidak sebanyak PHP atau bahasa pemrograman lainnya, tetapi mahasiwa disyaratkan harus memiliki logika berpikir yang kuat. Tak hanya sampai disitu saja, Kadafi juga memaparkan bagaimana melakukan menyambungkan komputer dengan PLC (Programmable Logic-Controller), Troubleshooting sampai “Remote” rumah dari luar kota menggunakan sistem SCADA dengan menggunakan koneksi internet yang nanti disematkan melalui aplikasi yang berjalan pada Android maupun handphone.

 

     Kaprodi Teknik Elektro, Winarso, S.T,M.Eng menjelaskan bahwa SCADA memang sudah diterapkan di berbagai instansi seperti PT.KAI , PLN, Perusahaan Telekomunikasi dan Transportasi lainya. Taruhlah di bidang transportasi, Sistem SCADA ini digunakan untuk pengaturan Traffic Lalu Lintas, Kereta Api.  Winarso juga menambahkan bahwa pelatihan ini bertujuan untuk menambah pengetahuan mahasiwa, mengenalkan beberapa mata kuliah teori yang mereka pelajari untuk di-match-kan dengan dunia industri, serta memberikan pengetahuan yang lebih jauh tentang perkembangan kontrol modern sehingga mahasiswa bisa memahami, menerapkan dan membuka wawasan lebih baik lagi.

 

    “Kedepannya, Prodi Teknik Elektro akan mengadakan pelatihan Sistem Drawing, penggambaran sistem kelistrikan baik arus kuat maupun kontrol menggunakan AutoCAD sehingga mereka memiliki kompetensi yang sama dengan mahasiswa Teknik Sipil dan Arsitektur sehingga dapat “duduk” berkolaborasi bersama untuk mendesain gedung, konstruksi terutama dalam desain kontroller dan elektrikalnya”, Ungkap Winarso

f t g m

Kontak Kami

Program Studi Teknik Elektro

Universitas Muhammadiyah Purwokerto

Jl. Raya Dukuh Waluh, PO BOX 202

Purwokerto 53182 Telp : (0281) 636751, 630463, 634424

Fax  : (0281) 637239

Web : http://elektro.ump.ac.id